STUDENT SATURDAY MARKET
BUSINESS PLAN
SIOMAY GALAU
1. EXECUTIVE
SUMMARY
1.
A. Jenis Komoditi
yang Diproduksi
Jenis komoditi yang akan diproduksi oleh
perusahaan ini adalah siomay ikan.
1.
B. Nilai
Penjualan per hari
Target penjualan per hari adalah 60 porsi,
harga per porsinya adalah Rp 10.000, maka nilai penjualan per hari adalah Rp
100.000
1.
C. Nilai Aset
Perusahaan Terakhir
0
1.
D. Prospek
Pengembangan Usaha
Jika rencana sudah
terealisasi maka prospek pengembangan usaha untuk membuka cabang diberbagai
tempat akan berjalan dengan lancar.
1.
E Rencana
Pengembangan Usaha
Rencana pengembangan
usaha adalah membuka cabang diberbagai tempat.
1.
F. Proyeksi
Nilai/Target Penjualan
Target Penjualan adalah
60 porsi per hari nya.
1.
G.Kebutuhan dan
Sumber Dana
Sumber dana berasal
dari uang tabungan yang selama ini disimpan untuk keperluan dimasa depan.
1. H. Rencana Penggunaan Dana
Dana tersebut digunakan
bahan-bahan dasar pembuatan siomay yaitu ikan alo-alo, kentang,kol,telur dan
pare, serta bumbu kacang, stereofoam dan sendok plastik.Inventory disini yaitu
kukusan dan food processor tidak lagi dibeli karena sudah ada sebelum bisnis
ini berjalan.
2. ANALISIS IDE
PRODUK
2.
A.Deskripsi
produk yang dikembangkan
Bentuk
persegi,bulat,persegi panjang,segitiga,ditaburi kuah kacang dan kecap serta
saus sambal, semua orang pasti tahu yang sedang disajikan adalah seporsi siomay.
Terbuat dari bahan-bahan dasar yaitu ikan alo-alo yang diolah dengan
merica,bawang putih,garam dan diblender, lalu
disajikan dengan kukusan kentang,kol,pare,tahu dan telur yang membuat
lidah terasa dimanjakan. Produk ini berbeda dari produk yang lainnya karena rasanya
berbeda dari rasa siomay yang berada di sepanjang jalan dr.mansyur. Potensi
pertumbuhan akan berkembang dengan cepat apabila pesaing tidak memiliki rasa
yang sama dengan siomay galau, dan risiko terbesar adalah pesaing yang
mempunyai keunggulan produk yang lebih dari yazu siomay.
3. ANALISIS
PEMASARAN
3. A.Target dan Pangsa Pasar Produk
Target penjualan siomay
ini adalah mahasiswa FE USU dan dosen-dosen, tak lupa juga masyarakat luar
diundang untuk bisa mencicipi rasa siomay ini. Student Saturday Market adalah
tempat berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa, maka dari itu siomay ini akan dijual
dengan harga yang tidak terlalu mahal.
4. ANALISIS
OPERASIONAL.
Produksi akan dilakukan
dirumah saya sendiri,dan proses pemasarannya adalah disekitar kampus fakultas
ekonomi.
Peralatan yang
digunakan adalah food processor dan kukusan. Bahan-bahan seperti ikan
alo-alo,kentang,kol,telur,dan pare sangat mudah didapatkan yaitu dipasar dekat
rumah.
5. TARGET USAHA
Target usaha sehari
adalah 60 porsi, harapan dari usaha ini adalah berkembangnya usaha ini dan bisa
membuka cabang, serta mencapai target 400 poin penjualan satu hari di Student
Saturday Market dengan pesaing yang cukup banyak.
6. ANALISIS
KEUANGAN
Analisis investasi : 800.000
Estimasi laba rugi
Perkiraan laba :
200.000
Perkiraan rugi :
50.000
Rencana cash flow
Arus kas dari aktivitas
investasi : 800.000
Pembayaran kas untuk sewa tempat 50.000
Pembayaran kas untuk kegiatan produksi 450.000
Cadangan investasi
100.000
Biaya tak terduga 200.000
Estimasi Laporan Laba/Rugi
Modal awal 700.000
Tambahan investasi 500.000
Laba Bersih 100.000
600.000
Dikurangi penarikan (100.000)
Kenaikan pada ekuitas 700.000
Modal akhir 1.400.000
Laporan Arus Kas
Siomay Galau
12 Mei 2012
A.
PENERIMAAN
|
12 MEI
2012
|
Penerimaan Penjualan
|
1.600.000
|
Penerimaan Pinjaman
|
1.600.000
|
B.
PENGELUARAN
|
|
Pembelian asset
(investasi)
|
350.000
|
Pembelian bahan baku
|
450.000
|
Biaya produksi
lain-lain
|
-
|
Biaya pemeliharaan
|
-
|
Biaya administrasi
lain-lain
|
-
|
Angsuran pokok
|
-
|
Sub total
pengeluaran
|
800.000
|
C.
SELISIH KAS
|
800.000
|
D.
SALDO KAS
AWAL
|
800.000
|
E.
SALDO KAS AKHIR
|
1.600.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar